Sunday, February 7, 2016

Mengenal Robot

Saat mendengar kata 'robot', apa yang seketika muncul dalam benak kita? Kebanyakan orang awam akan membayangkannya seperti yang ada di film-film populer. Film-film sejenis transformer secara tidak langsung berhaail menggiring opini kita tentang robot.
Sebenarnya, robot itu apa sih? Apakah robot selalu berbentuk seperti dalam film? Apakah robot berbentuk seperti manusia? Apakah robot akan membantu manusia atau mengancam manusia? Tidak sedikit yang punya pertanyaan semacam ini kan?
Robot sejatinya adalah perkembangan dari mesin. Mesin secara istilah didefinisikan sebagai alat yang dapat membantu manusia menyelesaikan pekerjaannya. Begitu juga robot, dapat kita definisikan sebagai sebuah alat untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan. Jika demikian apakah robot sama dengan mesin?
Kata robot diambil dari bahasa Ceko (Chech), yang memiliki arti pekerja (worker). Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik, baik di bawah kendali dan pengawasan manusia, ataupun yang dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu atau kecerdasan buatan (artificial intelligence).
Ada banyak defenisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai robot. Beberapa ahli robotika berupaya memberikan beberapa defenisi, antara lain
(Gonzalez, 1987) :
a. Robot adalah sebuah manipulator yang dapat di program ulang untuk memindahkan tool, material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan untuk berbagai tugas dan juga mengendalikan serta mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya, oleh Robot Institute of America.
b. Robot adalah sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent, oleh official Japanese.
Setelah menyimak berbagai definisi robot, maka dapat saya simpulkan bahwa yang membedakan robot dengan mesin adalah pergerakannya. Pergerakan robot biasanya berupa perpindahan, meskipun tidak semua bagiannya mengalami perpindahan, seperti pada jenis lengan robot. Sedangkan mesin biasanya hanya diam di tempat, yang bergerak adalah bagian di dalamnya. Contohnya mesin cuci.
Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Di Indonesia, robot sudah banyak digunakan di bidang industri. Kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari dan tolong” (search and rescue). Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Zero Robotics Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger