Wednesday, February 10, 2016

Dasar Elektronika (2) : Komponen Aktif dan Pasif

Komponen elektronika aktif memerlukan sumber arus dan tegangan tersendiri. Sumber arus dan tegangan dibutuhkan oleh komponen aktif dengan besar tertentu agar dapat beroperasi sesuai dengan yang diinginkan. Komponen aktif juga dapat menghasilkan energi atau tenaga listrik dari dirinya sendiri yang diberikan ke komponen pasif dalam sebuah rangkaian. Oleh karena itu, merangkai komponen aktif dalam sebuah rangkaian elektronika tidak dapat dilakukan secara sembarangan. 
Komponen aktif elektronika dapat berupa komponen elektronika digital maupun komponen elektronika analog. Transistor dan dioda merupakan komponen aktif analog yang sering digunakan pada rangkaian robot. Komponen digitalnya biasanya berupa IC (integrated circuit).
Komponen pasif elektronika semuanya termasuk ke dalam jenis komponen analog. Pemasangan komponen pasif pada rangkaian elektronika tidak memerlukan sumber arus dan tegangan dengan aturan tertentu. Komponen ini juga tidak dapat menghasilkan energi atau tenaga listrik. Komponen pasif mengambil energi listrik dari sumber rangkaian. Beberapa contoh komponen pasif yang banyak digunakan pada sebuah rangkaian robot yaitu resistor, kapasitor, trafo, relay, dan saklar.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Zero Robotics Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger