Tuesday, February 9, 2016

Robot cerdas karena apa ?

Pernah mendengar istilah robot cerdas? Apakah berbeda antara robot (biasa) dengan robot cerdas ? Kalau ada robot (yang) cerdas, lantas robot lain (yang tidak cerdas) disebut robot apa ya?

Fungsi robot sebagai sebuah alat yang dapat membantu pekerjaan manusia dapat dibedakan berdasarkan kendalinya. Ada yang harus di bawah kendali manusia. Ada juga yang dapat menjalankan fungsinya secara otomatis tanpa harus dikendalikan oleh manusia. Jenis yang terakhir inilah yang dinamakan robot cerdas.

Robot cerdas dilengkapi sebuah sistem kendali sehingga robot dapat menjalankan fungsinya tanpa dikendalikan manusia. Sistem kendali seperti ini biasa disebut dengan sistem cerdas atau kecerdasan buatan (artificial intellegent). Dewasa ini, sistem cerdas sebuah robot berupa program yang ditanamkan pada sebuah chip mikrokontroler/ mikroprosesor.

Robot yang menggunakan mikrokontroler/ mikroprosesor dikenal dengan sebutan robot mikro. Namun demikian, robot cerdas juga bisa berupa robot analog (tanpa mikrokontroler atau mikroprosesor). Sistem kendalinya bukan berupa program melainkan berupa rangkaian elektronika yang dirancang agar robot dapat 'bertugas otomatis'.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Zero Robotics Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger