Sunday, February 7, 2016

Apa bedanya robot dan robotika?

Bicara soal robot, pasti kita juga sering mendengar istilah robotika. Pertanyaannya, apakah robotika dan robot itu sama? Bagaimana keterkaitan antara robot dan robotika?

Setelah mengenal robot, kita tahu bahwa robot adalah benda atau barang, sedangkan robotika diartikan sebagai adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot.

Robotika adalah cabang ilmu yang mempelajari semua hal terkait dengan teknologi robot. Sebuah robot, telah kita ketahui, tersusun dari tiga bagian : mekanik, kendali dan penggerak. Bidang mekanik sebuah robot dipelajari dalam pembahasan mekanika. Unit kendali robot biasanya berupa rangkaian-rangkaian elektronik baik itu yang dapat diprogram maupun tidak. Sedangkan unit penggerak robot biasanya berupa motor.

Cabang ilmu robotika meliputi pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan pemrograman (kecerdasan buatan). Oleh karena itu, jika kita berminat menjadi seorang ahli di bidang robotika, kita tidak perlu menjadi ahli di semua bidang (elektronika, mekanika, dan pemrograman untuk kontrol). Kita harus memahami dasar dan konsep secara umum, tetapi kita bisa mengambil peran menjadi ahli dari salah satu bidang pengetahuan tersebut. Think global but become specialist. Apakah kita lebih suka dan mampu di bidang elektronika, mekanika, atau pemrogramannya.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Zero Robotics Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger